Jumat, 28 Oktober 2011


Membuka Port 9198 dan 9199 pada Echolink Software Voip Untuk Amatir Radio

Membuka Port 9198 dan 9199 pada Echolink Software Voip Untuk Amatir Radio

Instalasi EchoLink

EchoLink ® software memungkinkan  stasiun Radio Amatir berlicensi untuk berkomunikasi dengan satu sama lain melalui internet, dengan menggunakan teknologi audio-streaming. Program ini memungkinkan koneksi keseluruh dunia dapat dilakukan antara stasiun, atau dari komputer ke stasiun, dengan echolink sangat memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan Amatir Radio dalam berkomunikasi dengan seluruh amatir radio.
 
Saat tulisan ini dibuat ada lebih dari 200.000 pengguna yang telah divalidasi di seluruh dunia, sudah ada 162 dari 193 negara di dunia yang telah divalidasi dan dengan sekitar  5.000 pengguna online pada waktu tertentu.
1
Jika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini silahkan download di http://www.echolink.org/
 
Setelah anda mendapatkan Software echolink tersebut selanjutnya silahkan anda Install pada PC Anda.  jangan lupa anda registrasikan callsign anda di http://www.echolink.org/validation/
setalah anda mendapat email validation,  anda akan diminta untuk mengirimkan scan ijin amatir anda:
1
 
Setelah proses intalasi beres dan anda sudah mendapatkan informasi mengenai registrasi anda, silahkan anda lakukan konfigurasi pada sistem anda, berikut adalah contoh konfigurasi pada sistem yang saya pergunakan
 
1
 
 
Setelah setup pada system dilakukan kemudian click OK, untuk merekam hasil konfigurasi tersebut. Jika anda berhasil konek ke server echolink maka pada layar komputer anda akan ditampilkan jendela seperti berikut:
 
 
1
 
 
Langkah berikutnya adalah coba lakukan test koneksi dan firewal  ke server echolink dengan cara memilih Menu Tools->Router/Firewall Test
 
1
 
Jika anda menggunakan Koneksi Speedy/DSL dan menjumpai masalah seperti berikut, ini menujukan bahwa koneksi anda, saya dan pengguna DSL diseluruh dunia SANASIB heheeh, tidak bisa membuka port 9198 dan 9199 UDP.... jangan khawatir karena ternyata banyak teman juga yang gak bisa jalan.
 
berikut adalah pesan yang ditampilkan
 
Windows Vista
Local IP address: 192.168.2.6

Firewall Test Results: FAIL

The test successfully connected to the EchoLink server on TCP port 5200.  This means that your system's TCP configuration is correct for use with EchoLink.

UDP ports do not seem to be blocked, but the tester did NOT receive a response to some of the UDP tests.  If you have a router or firewall installed, be sure its Port Forwarding feature is correctly set.  See Help for details.

In the current configuration, you might be able to connect with many of the nodes in the EchoLink system, including the EchoLink Test Server.  However, you might experience problems connecting to certain other nodes, or accepting connections from certain nodes.  For best results, please enable the Port Forwarding feature of your router, if possible.

There appears to be a router between this computer and the Internet.  A router normally requires special configuration for use with EchoLink.

This version of Windows includes Windows Firewall.  If Windows Firewall is enabled (which is the default), an exception must be added to un-block EchoLink and allow it to access the Internet.  (If you chose the Unblock option when you first started EchoLink, this exception has probably already been added.)

For more information, click the Help button above, or see the Firewall Solutions page on the EchoLink Web site.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar